SMS Kampanye, Kunci Sukses Kampanye Pilkada - Prorakyat Bone
Headlines News
Home » » SMS Kampanye, Kunci Sukses Kampanye Pilkada

SMS Kampanye, Kunci Sukses Kampanye Pilkada

Written By PRORAKYAT BONE on Minggu, 22 Juli 2012 | 15.18

ABSTRAK
Pertanyaannya :
Sarana apa yang biasanya digunakan untuk sistem informasi dan komunikasi selama ini dalam Kampanye Pilkada:
  1. Baliho/pamflet/spanduk/brosur : tetap perlu tapi biayanya tinggi, kadang tidak tepat sasaran dan sering tidak terbaca karena tempatnya di jalan raya sehingga tidak memungkinkan untuk dibaca. 
  2. Internet/e-mail : memang gratis, tetapi tidak semua orang akses internet dan mengerti tentang internet .
  3. Iklan media cetak/elektronik :  tetap perlu tapi biayanya tinggi, kadang tidak semua orang pas waktunya lihat atau mendengarkan media tersebut.
  4. Sms dengan hp biasa : bisa, tetapi kalau ratusan/ribuan bahkan jutaan kali  sms sangat sulit dan kurang  efektif/ribet .
      

SOLUSI DENGAN SMS MASSAL (SMS KAMPANYE)
  • SMS MASSAL (SMS KAMPANYE) adalah MESIN aplikasi pengiriman SMS secara MASSAL DENGAN 1 X KLIK AKAN RIBUAN BAHKAN JUTAAN NO TERKIRIM
  • SMS MASSAL (SMS KAMPANYE) dapat juga digunakan komunikasi 2 arah (input SMS dan output SMS) untuk menerima masukan,,aspirasi, kritik, saran, dll
  • SMS MASSAL (SMS KAMPANYE) merupakan media informasi & komunikasi, jembatan informasi/komunikasi terkini, cepat dan murah, antara Calon BUPATI/WALIKOTA/GUBERNUR dengan kader, simpatisan, ormas dan masyarakat .


SMS SEBAGAI SENJATA AMPUH KAMPANYE
YANG LEBIH EFEKTIF


MENGAPA PEMENANGAN PILKADA MENGGUNAKAN STRATEGI KAMPANYE SMS

  1. FAKTA : Peningkatan Pengguna Hanphone di Indonesia adalah yang terbesar di Dunia (contoh : 1 orang  bisa mempunyai 2 - 3 no.HP bahkan lebih)
  2. Jutaan orang telah memiliki HP & sudah pasti memiliki fasilitas SMS .
  3. Jutaan orang terbiasa melakukan komunikasi dengan SMS.
  4. Iklan layanan berbasis SMS akhir akhir ini semakin gencar.
  5. Pesan SMS akan diterima langsung dan dibaca oleh orang yang dituju.
  6. Biaya murah,Target promosi/Kampanye terukur. Branding akan jelas dan terukur dengan respon, karena respon bisa terdata dengan jelas dan pasti.
  7. Dibandingkan dengan iklan di Media (elektronik/cetak) yang belum tentu orang melihat dan membaca.
  8. Memiliki SMS MASSAL (SMS KAMPANYE) meningkatkan citra Calon BUPATI/WALIKOTA/GUBERNUR
  9. Mengirim SMS merupakan sebuah cara untuk memasarkan CALON BUPATI/WALIKOTA/GUBERNUR (Strategi Branding)
  10. Memanfaatkan SMS CENTER MASSAL (SMS KAMPANYE) berarti memperluas dan mendekatkan cara berkomunikasi kepada Pengurus/ kader/simpatisan dan masyarakat/ konstituenm sehingga akan menghasilkan  informasi penting dan menangkap kebutuhan/keinginan/harapan masyarakat. Sebagai Efeknya adalah dapat mendekatkan komunikasi antara Calon BUPATI/WALIKOTA/GUBERNUR dengan konstituen.
  11. SMS MASSAL (SMS KAMPANYE) layaknya Customer Service yang menerima Pesan Selama 24 Jam tanpa hari libur & istirahat
  12. Pesan SMS dapat disimpan pada media yang anda miliki (Hardisk, CDROM, Flasdisk),


KEKUATAN 160 KARAKTER SMS KAMPANYE MASSAL

Kekuatan dari seratus enam puluh karakter sms yang menjadi sebuah media yang sangat berguna. Seperti yang kita ketahui penggunaan sms sebagai media kampanye bukan menjadi sesuatu yang baru di dunia ini, termasuk di Indonesia. Tetapi ada beberapa faktor yang perlu di perhitungkan sebelum melakukan kampanye sms / sms broadcast / sms bulk yaitu :

1.) Penentuan Tujuan Dari Promosi Kampanye

Penting sekali dalam promosi kampanye adalah menentukan tuujuan dari promosi kampanye tersebut, apakah hanya bertujuan untuk mendapatkan brand awareness saja, atau mungkin untuk peningkatan product awareness, dan lain sebagainya. Penentuan tujuan dari promosi kampanye merupakan hal yang sangat vital dan akan memberikan dampak yang besar terhadap semua kegiantan kampanye yang lainya, mulai dari sms content, database, etc

2.) Sms content

Hanya dengan seratus enam puluh karakter, kita harus memaksimalkan kreatifitas, supaya pesan yang ingin di informasikan dapat tercakup dalam seratus enam puluh karakter itu. Dan penentuan inti / maksud dari pesan juga merupakan hal vital, dan sebaiknya maksimal hanya satu pesan saja, karena semakin banyak pesan yang disampaikan akan semakin membingungkan orang yang membaca. Maka ada baiknya sebelum mengirimkan buatlah list yang akan disampaikan, seperti : informasi dari promosi, nomor telepon hunting, alamat, dsb. Jika pesan anda melebihi satu karakter saja dari maksimum seratus enam puluh karakter, maka biayanya juga menjadi 2 kali lipat. Jadi sebaiknya Anda membuat konten sms anda menjadi singkat, jelas, tepat, mengena.


3.) Database dari penerima sms

Database merupakan salah satu kunci yang sangat vital. Database dituntut untuk valid. karena semakin jelas database maka akan semakin baik pula hasilnya. Dengan database yang jelas Anda dapat menentukan kepada siapa Anda ingin mengirimkan sms tersebut. Dan anda harus memastikan sms yang anda kirimkan bukanlah SPAM, caranya adalah dengan meminta izin kepada si penerima, apakah mereka setuju untuk dikirimkan sms broadcast/bulk/kampanye tersebut. Selain itu letak demografis dari database yang dikirimkan akan sangat mempengaruhi isi dari sms content, seperti bahasa yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada anak muda tentunya berbeda dengan orang yang sudah berumur.

4.) Umpan balik dari promosi kampanye

Ada perbedaan yang mendasar antara mobile marketing dengan promosi kampanye. Perbedaan tersebut yaitu mobile marketing dapat menerima umpan balik secara langsung dari kampanye pemasaran tersebut. Jadi dengan membroadcast informasi yang ingin disampaikan perusahaan anda melalui sms, maka secara tidak langsung anda dapat meminta umpan balik dari pelanggan anda dengan megirimkan sms reply. Dan sms reply ini dapat di hitung guna mendata berapa umpan balik yang didapat dari promosi kampanye Anda. Tentunya dengan menggunakan sms pemasaran dengan fitur umpan balik akan lebih mahal biayanya daripada sms broadcast biasa.


Itu adalah hal-hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum melakukan SMS kampanye melalui sms massal. memang seratus enam puluh karakter terlihat pendek, tapi hasilnya tidak akan sependek itu.


FITUR - FITUR SMS CENTER MASSAL (SMS KAMPANYE) :

1.    Dapat Mengirim SMS
2.    Dapat Menerima SMS ribuan no
3.    Dapat Membuat Database secara Otomatis
4.    Dapat Menjawab SMS Otomatis (Auto Replay)
5.    Membuat SMS info, pengajian, dakwah dll



URUTAN PENGIRIMAN SMS KAMPANYE


1.    SMS pengenalan diri Calon BUPATI/WALIKOTA/GUBERNUR
2.    Nasehat agama/tausiyah /kata mutiara/ucapan Selamat
3.    Penyampaian visi/misi  Calon BUPATI/WALIKOTA/GUBERNUR
4.    Penyampaian program unggulan/janji/komitmen Calon BUPATI/WALIKOTA/GUBERNUR
5.    Jadwal kampanye/undangan kampanye
6.    SMS Tanya Jawab /harapan/aspirasi/dialog
7.    Dorprice/hadiah untuk saran atau pertanyaan yang terbaik.
8.    Informasi jadwal Pilkada beserta ajakan untuk memilih calon
9.    Penyampaian ajakan untuk memilih (beberapa hari sebelum Pemilihan) 1
10.    Penyampaian ajakan untuk memilih (beberapa hari sebelum Pemilihan) 2

Catatan :
1.    Kerja 1  Bulan  Sebelum Pencoblosan
2.    1 Minggu Sebelum Pencoblosan berhenti ( Masa Tenang Aturan KPU )
3.    Pengiriman SMS bisa lebih dari 10 atau Kurang ( Pada  Sesi Tanya Jawab ) no.6
4.    Kalau Terjadi Lebih Estimasi Penambahan biaya pembelian Pulsa.

PAKET SMS KAMPANYE
1.     Paket Standar
        Terdiri dari: 1 unit laptop, 1 Unit modem & Software SMS Kampaye

2.     Paket Profesional
        Terdiri dari: 1 unit laptop, 3  Unit modem & Software SMS Kampaye
      
catatan:  sudah termasuk Pelatihan Penggunaan Software

Konsultasi & Biaya : Sms  atau Call 0853 4292 1117
Sumber
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
WELCOME TO: ATT PRORAKYAT BONE
ADMINISTRATORby PRORAKYAT
Copyright © 2011. Prorakyat Bone - Email : prorakyatbone@yahoo.com
Design by gitalara